PELAYANAN KONSUMEN TOKO HERBAL (AGEN)
1. 5 S: Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun (Aa Gym) dan ajak mereka santai
2. KENALI KONSUMEN:
>> Konsumen Awam: mereka membayangkan bahwa herbal itu identik
dengan 'Obat Kuat' / Obat Aneh2. biasanya mereka melihat - lihat, tidak
banyak bicara atau bahkan banyak bertanya.
Tindakan:
- jika mereka melihat2, Biarkan mereka melihat2 lebih dalam, lalu mulailah bertanya, "ada yang bisa sy bantu? / bapak cari herbal apa? / apa keluhan ibu?"
- jika mereka banyak bertanya, jawablah semampu anda (tidak berbohong /
berlebihan) dan jangan ragu untuk membaca artikel / panduan2 herbal
baik yg tertera di botol maupun kami berikan. jika masih bingung,
Hubungi kami!
- Selipkan Penjelasan tentang Dunia Herbal sebagai
pemafaham bahwa herbal tidak terbatas pada obat kuat saja/ yg sebatas
mereka fahami
-berikan mereka pilihan produk2 apa saja yang mereka butuhkan dari segi kualitas dan harga. contohnya:
"untuk penyakit kolestrol; ada Nur kolipid dari herbamed / Propolis/
Madu/ HabatSauda/ Zaitun / Herbal kolestrol dari protector, dst"
- arahkan konsumen kepada herbal yang terbaik, dan seterusnya
- Jelaskan tentang cara kerja obat herbal, Manfaat, Efek Reaksi herbal tersebut agar mereka tidak salah faham
- Selalu berikan brosure
>> Konsumen yang kurang lebih tahu: Mereka biasanya penasaran dan tertarik untuk mengetahui Herbal
Tindakan:
- persiapkan semua data yang anda butuhkan karena mereka biasanya banyak bertanya
- jika mereka banyak bertanya, jawablah semampu anda (tidak berbohong /
berlebihan) dan jangan ragu untuk membaca artikel / panduan2 herbal
baik yg tertera di botol maupun kami berikan. jika masih bingung,
Hubungi kami!
-berikan mereka pilihan produk2 apa saja yang mereka butuhkan dari segi kualitas dan harga. contohnya:
"untuk penyakit kolestrol; ada Nur kolipid dari herbamed / Propolis/
Madu/ HabatSauda/ Zaitun / Herbal kolestrol dari protector, dst"
- arahkan konsumen kepada herbal yang terbaik, dan seterusnya
- Jelaskan tentang cara kerja obat herbal, Manfaat, Efek Reaksi herbal tersebut agar mereka tidak salah faham
- Selalu berikan brosur
>> Konsumen yang Faham: mereka cenderung fokus terhadap herbal yang dituju
- berikan informasi terkait herbal lain selain yang biasa mereka beli
- arahkan konsumen kepada herbal yang terbaik, dan seterusnya
- Selalu berikan brosure
3. Rimba GrowUp
Menegaskan kepada semua Agen untuk menjual dengan Harga Eceran
Tertinggi yang ditetapkan Pabrik / Pasar (harga Resmi). Kita semua punya
tanggungjawab untuk menyampaikan Harga Resmi kepada semua konsumen,
sekali pun konsumen dikenakan diskon nantinya. hal ini Penting untuk
menjaga kestabilan Bisnis herbal dan tidak mencederai Penjual Lain yang
menjual dengan Harga Resmi.
Kecuali kepada orang2 yang tergolong
penerima Zakat, Mudahkanlah klo perlu sedekahkanlah. Mudah2an Allah
membalasnya. untuk itu anda harus Analisis Konsumen.
4.
Apabila terjadi Permintaan dan Penawaran yang sengit. jika mereka
penjual, berikan Harga Mediator. Jika mereka Konsumen yang biasa membeli
di toko - toko yang menjual Obral, Pelajari Tipe mereka, pertahankan
harga dengan berbagai penjelasan, berikan Diskon Maksimal 20%. selain
itu, kita punya tanggungjawab untuk mengajak mereka menjaga kestabilan
Bisnis Herbal dengan membeli dengan Harga Resmi. Anda Berhak
merahasiakan Harga Modal / HPP.
5. Tegaskan dan jelaskan pada
konsumen bahwa "Menerapkan Pola Hidup sehat (Lihat Brosur) jauh lebih
penting daripada Mengkonsumsi Herbalnya, dan herbal melengkapi pola
hidup sehat!
6. Sampaikan bahwa kami menerima komplain / konsultasi /dan retur barang (jika rusak / tidak sesuai)
7. Doakan mereka, dan terapkan '5 S' kembali
SENYUM SEMBAKO
Monday, April 8, 2013
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment